Langsung ke konten utama

UTS SEJARAH SOSIAL


UTS SEJARAH SOSIAL
1.      Apa yang dimaksud dengan kajian sejarah sosial? Bagaimana kedudukan kajian sejarah terhadap sosiologi?
Jawaban          :
Sejarah sosial adalah sejarah yang kajian atau pembahasannya tentang aspek-aspek sosial manuasia/masyarakat yang terjadi di masa lampau. Sejarah sendiri tidak memiliki teori-teori atau metode-metode dalam kajiannya, sehingga memerluakan suatu ilmu bantu. Begitu juga dengan kajian sejarah sosial, kajian sejarah sosial membutuhkan ilmu bantu dari ilmu-ilmu sosial lainnya seperti ilmu sosiologi. Teori-teori yang ada dalam ilmu sosiologi dapat digunakan sejarawan untuk membantu mengkaji kajian yang akan mereka tulis.
2.      Jelaskan bagaimana metode penelitian yang digunakan dalam kajian sejarah Sosial?
Jawaban          :
Metode sejarah sosial adalah suatu cara atau tekhnik atau proses untuk mengumpulkan atau mendapatkan obyek secara sistematis. Dalam sejarah sosial ada 2 metode yang di gunakan, yakni metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif proses pengumpulan data obyeknya membutuhkan suatu analisis dan lebih bersifat deskriftif biasanya proses mengumpulkannya berdasarkan studi lapang yakni wawancara atau studi pustaka. Sedangkan metode kuantitatis lebih kepada kuantitas atau jumlah, metode kuantitaif ini biasanya berkaitan dengan angka-angka.
3.      Bagaimana kontribusi metode kualitatf dalam membantu membangun rekontruksi sejarah sosial?
Jawaban          :
Dalam penulisan sejarah sejarawan cenderung menggunakan metode kualitatif dalam membuat suatu kajian, karena metode kualitatif yang bersifat deskriptif dianggap lebih cocok untuk kajian sejarah, namun terkadang ada juga yang menggunakan metode kuantitatif untuk memperkuat data. Metode kualitatif adalah metode yang bersifat deskriptif serta membutuhkan suatu analisis  untuk mengumpulkan suatu obyek hingga menjadi suatu kajian. Secara umum penelitian kualitatif dapat dimaknai sebagia suatu metode berganda dalam fokus, melibatkan suatu pendekatan interpretatif dan wajar terhadap pokok permasalahannya. Metode kualitatif juga menekankan pada penulisnya sifar realita yang di bangun secara sosial, hubungan intim antar peneliti dengan yang dipelajari serta kendala situasional yang membentuk penyelidikan. Denim dan Lincoln mengatakan bahwa penelitian kualitatif melibatkan pengguannan dan pengumpulan bahan empiris, yaitu (studi kasus, pengalaman pribadi, introspeksi, riwayat hidup, wawancara, pengamatan, teks sejarah, serta interaksional dan visual). Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Denim dan Lincoln pengumpulan bahan-bahan empiris dalam metode kualitatif dapat  digunakan dalam membangun kontruksi dalam kajian sejarah sosial.
4.      Terangkan bagaimana peristiwa-peristiwa dalam kajian sejarah sosial dapat didekati dengan menggunakan teori-teori yang ada dalam ilmu sosial?
Jawaban          :
Dalam ilmu sejarah peneliti atau sejarawan dapat dengan bebas memilih teori-teori apa saja yang ingin mereka gunakan dengan syarat teori tersebut sejalan dengan kajian yang akan mereka bahas. Kajian sejarah sosial membahas tentang aspek-aspek sosial manusia/masyarakat, hal ini tetntunya sama dengan ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi yang juga membahas tentang aspek-aspek sosial manusi, sosiologi sendiri adalah bidang ilmu yang berdiri sendiri dan memeliki teori-teori yang dapat di gunakan dalam kajian-kajian sejarah sosial. Peristiwa-peristiwa sejarah sosial dapat di bahas dengan teori-teori sosial atau menggunakan teori-teori sosial seperti sosiologi karena obyek kajiannya sama.
5.      Bagaimana analisis saudara tetang dinamika struktur masyarakat Indonesia dari periode ke priode?
Jawaban          :
Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, ras, agama, pulau, dll. Masyarakat indonesia memiliki struktur masyarakat yang majemuk yang ditandai dengan ciri yaitu secara horizontal dan vertikal. Masyarakat yang majemuk inilah yang membuat dinamika struktur masyarakat indonesia memiliki perbedaan antar satu dengan yang lain, antara kelompok satu dengan kelomok lainnya, antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Pola Penguasaan, Pemilikan dan Pengguanaan Tanah Secara Tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta

Judul                        ː Pola Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan Tanah Secara     Tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta Penulis                     ː   1. Drs. Gatut Murniatmo     2. Murianto Wiwoho, SH                                     3. Poliman, BA                                     4. Suhatno, BA Penerbit                     ː Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jumlah Halaman       ː 208 halaman Isi Buku ini berisi tentang penelitian penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah secara tradisional di daerah Yogyakarta. Buku ini mencakup penelitian di daerah pedesaan Yogyakarta yakni, desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulon Progo dan desa Pleret, Kecamatan Pleret, Bantul sebagai lokasi penelitian. Di dalam buku ini peneliti mecoba menjelaskan serta menceritakan bagaimana pola penguasaan, pemilikan, dan penggunaan tanah dari masa sebelum penjajahah, masa Belanda, masa Jepang hingga masa kemerdekaan. Tak hanya itu penulis juga menjelaskan tentang pranata-prana

Berbandingan tiga buku tentang Agraria

Resensi Buku 1                                Judul               : Penguasaan tanah dan tenaga kerja : Jawa di masa kolonial                                Judul Asli         : Control of land and labour in colonial Java ({S.1.} : Floris, 1983).                                   Penulis             : Jan Breman                                   Pengantar        : Sajogyo Penerbit         : LP3ES Jakarta, anggota IKAPI . Bekerja sama dengan           Koninklijik    Instituut voor taal-, Land-en Volkenkunde                                  Tahun Terbit    : 1983                                   Pencetak          : PT. Kwarta Gapura                                  Cetakan            : Cetakan Pertama , Mei 1986                                 Jumlah Hlm     : 230 Halaman                                  ISBN               : 979-8015-03-7                                  Resensi Oleh   : Amalia Desi Derviora                                              Buk